• Jelajahi

    Copyright © KUNINGAN UPDATE | Panduan Masa Depan
    Kuningan Update

    Iklan

     


    Aksi Bela Palestina Kembali Digelar di Depan Kedubes AS

    KuninganUpdate.com
    Sabtu, 13 Januari 2024, 07:39 WIB Last Updated 2024-01-13T00:39:25Z

    KUNINGAN UPDATE | KUNINGAN — Aksi Bela Palestina akan kembali digelar di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Sabtu (13/1/2024). Aksi tersebut diselenggarakan oleh Majelis Ormas Islam (MOI) dan Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis (KIBBM).

    Mereka akan bergabung dengan jutaan pejuang kemanusiaan lainnya dalam Global Day of Action atau Aksi Protes Global yang dilakukan di 100 kota dunia untuk menuntut penghentian genosida di Gaza, Palestina.

    Genosida dan pembantaian massal secara brutal yang dilakukan oleh penjajah Israel hingga kini telah menghilangkan tidak kurang dari 23.357 ribu nyawa dan 58.926 lainnya mengalami luka berat. Sebagian besar dari korban tewas adalah perempuan, bayi, dan anak-anak (10.000 anak-anak dan 7.000 wanita).

    Berbagai kejahatan tersebut dipertontonkan tanpa rasa malu oleh Israel di hadapan masyarakat global dengan melanggar berbagai aturan internasional terkait perang. Semua dilakukan oleh Zionis Israel dengan dukungan Amerika Serikat dan Inggris, baik materi maupun persenjataan dan kelengkapan militer. Pemerintah AS dan Inggris bahkan selalu memveto resolusi gencatan senjata yang disetujui oleh mayoritas anggota PBB.

    Dalam upaya menutupi berbagai kejahatannya, penjajah Israel juga membungkam pemberitaan media dengan membunuh lebih 110 jurnalis. Penjajah Israel juga melakukan disinformasi, misinformasi, bahkan fitnah dan pemutarbalikkan fakta-fakta perang dan kejahatannya di berbagai media.

    Sejak meletusnya Tuffanul Aqsa, 7 Oktober 2023 penjajah Israel tercatat telah membantai warga Gaza secara brutal dengan 2.000 rudal pembunuh dan 70.000 ton bom dengan bahan yang terlarang digunakan dalam perang. Dampaknya, lebih dari 65 persen bangunan di Gaza hancur dan rusak. Sehingga mengakibatkan 45 persen penduduk Gaza mengalami kelaparan, kekurangan makanan, air bersih, dan pasokan medis, serta lebih dari 82 persen (lebih dari 2 juta) warga Gaza terlantar dan harus mengungsi.

    Serangan brutal penjajah Israel tanpa pandang bulu dan tak henti-hentinya ini menunjukkan ciri-ciri genosida menurut hukum internasional, karena serangan tersebut merupakan pola kesengajaan dalam penghancuran secara keseluruhan atau sebagian, suatu kelompok bangsa, etnis, ras, atau agama.

    Maka tidak berlebihan jika katastrofe yang dialami rakyat Palestina selama 100 hari ini merupakan pengulangan Peristiwa Nakba pada 1948, tetapi dilakukan dengan lebih agresif oleh penjajah Israel dengan skala kehancuran yang memilukan dan belum pernah terjadi di mana pun. Aksi pembantain massal penjajah Israel ini sekaligus menjadi genosida terbesar sepanjang sejarah semenjak Perang Dunia ke2. Genosida penjajah Israel juga telah menimbulkan kemarahan di seluruh dunia.

    Solidaritas Palestina secara global dimobilisasi akhir pekan ini, karena bertepatan dengan 100 hari serangan Israel di Gaza. Demonstrasi diselenggarakan di berbagai negara termasuk Inggris, AS, Kanada, Prancis, Jerman, Swiss, Denmark, Afrika Selatan, Nigeria, Ghana, Jepang, Korea Selatan, Australia, Brasil, Yordania, Turki, termasuk di 100 kota di Indonesia.

    Aksi Protes Global Bela Palestina ini merupakan upaya people’s power yang sangat dibutuhkan hari ini untuk menghentikan genosida di Gaza. Ini adalah kekuatan untuk mendesak pemerintahan dunia dan lembaga internasional menjauhi perang dan memperkuat kemanusiaan demi persamaan dan keadilan. (SI)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini