• Jelajahi

    Copyright © KUNINGAN UPDATE | Panduan Masa Depan
    Kuningan Update

    Iklan

     


    Tips Kuat Saat Puasa Rajab, Tetap Produktif Menjalani Aktivitas Sehari-hari

    KuninganUpdate.com
    Sabtu, 13 Januari 2024, 07:17 WIB Last Updated 2024-01-13T00:17:43Z

    KUNINGAN UPDATE | KUNINGAN — Puasa Rajab merupakan puasa sunnah yang dijalankan oleh umat muslim pada bulan Rajab. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang istimewa bagi umat muslim.

    Berdasarkan kalender Hijriah Kemenag RI, puasa Rajab dimulai pada 13 Januari 2024 mendatang bertepatan dengan 1 Rajab 1445 H. Artinya bulan Rajab akan datang dalam beberapa hari kedepan.

    Pada momen puasa Rajab ini, banyak umat muslim yang memperbanyak ibadah dengan melaksanakan amalan-amalan yang dianjurkan, salah satunya yaitu berpuasa.

    Namun, menjaga tubuh untuk tetap kuat selama berpuasa Rajab bukanlah hal yang mudah.

    Perubahan pola makan, jadwal tidur, hingga kesibukan dalam menjalani rutinitas sehari-hari dapat mempengaruhinya.

    Dilansir dari Youtube @Halosehat, simak beberapa tips berikut agar kuat saat puasa Rajab di tengah padatnya aktivitas sehari-hari.

    Dengan begitu, anda dapat menjalani bulan istimewa ini dengan penuh keseimbangan antara rohani dan jasmani.

    1. Cukupi kebutuhan air putih

    Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh selama puasa merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya air berperan penting dalam mendukung berbagai fungsi fisiologis.

    Seperti mencegah dehidrasi, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mencegah penurunan kinerja fisik dan mental,dan lain sebagainya.

    Cukupi kebutuhan air putih dengan minum 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air putih saat berbuka, dan 2 gelas air putih sebelum tidur.

    2. Menu makanan yang sehat dan gizi seimbang

    Menu makanan bergizi seimbang juga menjadi salah satu kunci. Pemenuhan gizi seimbang ini berarti dalam menu makanan harus terdiri dari karbohidrat, protein, omega, dan juga serat.

    Karbohidrat dapat berasal dari nasi atau dapat menggunakan beras merah yang cenderung lebih sehat. Protein dapat berasal dari telur, daging, hingga lauk pauk lainnya.

    Omega dapat berasal ikan, mengkonsumsi ikan pada saat sahur atau berbuka sangat dianjurkan karena mengandung banyak omega-3.

    Sedangkan pemenuhan serat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur.

    3. Berbuka dengan makanan atau minuman manis

    Selama berpuasa, tubuh mengalami penurunan kadar gula. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis, energi dalam tubuh pun dapat terisi kembali.

    Anda dapat mengonsumsi makanan atau minuman manis seperti kurma, teh manis, kolak, dan lain-lain. Namun, tetap perlu untuk menjaga agar tidak mengkonsumsi gula yang berlebihan.

    4. Tidur lebih awal dan hindari begadang.

    Berpuasa juga dapat merubah jadwal tidur menjadi lebih pendek, pasalnya anda perlu bangun untuk melaksanakan sahur. Selain itu, aktivitas sehari-hari tentunya juga dapat mengurangi stamina.

    Adanya hal tersebut dianjurkan untuk tidur lebih awal, agar waktu ideal dan tidur yang berkualitas dapat terpenuhi.

    5. Kurangi aktivitas fisik

    Melakukan aktivitas fisik yang berlebihan dapat memicu energi berkurang dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan tubuh merasa lemas dan tak bertenaga. Dengan begitu, seringkali menyebabkan seseorang menjadi tidak produktif.

    6. Konsumsi vitamin

    Mengonsumsi vitamin merupakan cara tambahan untuk mendukung tubuh tetap sehat dan kuat selama berpuasa.

    Meskipun vitamin dapat memberikan manfaat tambahan, tetaplah penting untuk mendapatkan nutrisi dari sumber makanan yang seimbang.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini