• Jelajahi

    Copyright © KUNINGAN UPDATE | Panduan Masa Depan
    Kuningan Update

    Iklan

     


    Harga Beras Mulai Turun, Ini Alasannya

    KuninganUpdate.com
    Minggu, 03 Maret 2024, 23:13 WIB Last Updated 2024-03-03T16:13:01Z

    KUNINGAN UPDATE | SILIWANGI — Harga beras mulai turun di sejumlah wilayah di Jakarta. Kisaran penurunan sebesar seribu hingga dua ribu rupiah, pada Minggu (3/3).

    Seperti terjadi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pedagang Sembako menjual beras dengan harga Rp13.000, lebih murah dibanding awal bulan lalu, Rp15.157.

    Hal yang sama di Pasar Jaya Menteng Pulo, Jakarta Selatan. Beras lokal kategori paling bawah dijual seharga Rp15.000 dan beras lokal berkualitas 50 kg masih stabil di Rp950.000.

    “Beras lokal kualitas premium paling tinggi itu masih di harga Rp19.000 per kilo, belum turun,” kata salah seorang pedagang, Ipung.

    Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik, M Habibullah, mengatakan, harga beras tak akan naik drastis jika stok mencukupi.

    Dia juga mengatakan, pasokan beras bisa dipenuhi dari yang tersimpan di petani, gudang Perum Bulog, milik swasta, hingga cadangan beras pemerintah (CBP).

    "Namun, dalam mekanisme pembentukan harga di pasar oleh pedagang, biasanya juga ada efek psikologis, seperti keraguan lancarnya pasokan akibat produksi beras menurun," kata Habibullah.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    BISNIS KUNINGAN

    +